KPU Tetapkan DCS, Ini Penyebab 32 Bacaleg di Minahasa Gagal Bertarung di Pemilu 2024

Rendy Suawa

Tondano, KOMENTAR-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten telah menetapkan Daftar Calon Sementara (DCS) DPRD Kabupaten untuk Pemilu 2024 lewat rapat pleno Jumat (18/08) di Kantor KPU.

Setelah ditetapkan, DCS tersebut saat ini diumumkan ke publik. Selanjutnya, masyarakat bisa memberi tanggapan daftar nama bakal caleg sementara. “Masysrakat diiberi kesempatan untuk memberikan sanggahan terhadap DCS ini. Masa sanggah berlangsung 19-28 Agustus 2023.Catatan masukan dan sanggahan masyarakat bisa disampaikan secara langsung ke kantor KPU Mjnahasa, dilengkapi dengan data valid dan bisa dipertanggungjawabkan, ” ujar Ketua KPU Minahasa, Rendy Suawa.

Ia mengatakan, berdasarkan rapat pleno, ditetapkan sebanyak 346 bakal calon legislatif (bacaleg) DPRD Kabupaten Minahasa dari 12 parpol masuk dalam DCS untuk Pemilu 2024. Sedangkan 32 orang bacaleg dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) alias gagal bertarung di Pemilu 2024.

Sebanyak 32 bacaleg tersbut gagal bertarug karna sesuai dengan verifikasi dokumen administrasi hingga proses perbaikan berkas,
syarat dokomen tidak lengkap sehingga dinyatakan tidak memenuhi syarat.

“Bacalaeg yang di TMS karna syarat dokomen calkn tidak terpenuhi, tidak lengkap dokumen persyaratan, ” ujarnya.

Ada beberapa item yang jadi persyatan tidak terpenuhi, seperti ijasah, surat keterangan pengadilan dan lainya.

Meski DCS telah di tetapkan.Namun kata Rendy, partai politik masih bisa mengubah Caleg-nya sebelum ada penetapan Daftar Calon Tetap (DCT).

“Partai boleh mengganti Caleg-nya selama sudah mendapat persetujuan dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) masing-masing partai.
“Potensi pergantian caleg masih bisa, dengan syarat seperti bacaleg telah menniggal dunia dan direkomendasi oleh parpol. Perubahan itu sampai 3 November 2023 atau sebelum pengumuman DCT, ” terang Rendy. (bly)

Komentar