PERON : Tiga Produk Organik Lebih Sehat Bagi Lingkungan

Minsel, KOMENTAR – Pricylia E Rondo, SS., M.Pd (PERON), Kamis (24/09) bagi tiga produk organik untuk pembangunan pertanian dan kedaulatan Pangan berbasis kesejahteraan Masyarakat. Tiga produk organik ini dibagikan Ibu. Pricylia E Rondo, SS., M.Pd (PERON) gratis ke petani, peternak dan masyarakat umum, khususnya di wilayah Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) dan Minahasa Tenggara (Mitra). Ketika habis pun bisa diisi ulang.

Diketahui tiga produk organik tersebut adalah Pupuk Organik Cair, Bionuter (Nutrisi Ternak); dan Biodekomp (Pengurai Limbah Orgnaik).”Saat ini masyarakat kian tertarik dengan produk-produk pertanian organik, karena dianggap lebih sehat dan baik bagi lingkungan. Permintaan produk organik terus meningkat seiring dengan meningkatnya kesadaran konsumen. Di Indonesia, beberapa pertanian organik sudah memperoleh akreditasi,” ujarnya.

Dirinya juga menjelaskan, sistem pertanian organik berorientasi kepada bahan alami, tidak mengandung bahan-bahan kimia sintetis ataupun rekayasa genetik. ┬á Teknik budi daya pertanian organik mendorong petani untuk meningkatkan produksi, pendapatan, dan berwawasan lingkungan yang berkelanjutan ke depan. “Tujuannya tentu saja pertanian organik ini bagaimana kita menjadikan produk pertanian terutama pangan yang aman bagi kesehatan,” urainya.

Hal senada diungkap Calvin yang juga aktivis ternama Sulut, tokoh pemuda Sulut, eks Ketua Umum ARMAK aliansi 13 ormas dan LSM anti Korupsi Sulut.
Menurutnya, Indonesia (Inofice) mencatat jumlah pelaku usaha tersertifikasi di Indonesia saat ini mencapai hampir 800 sertifikat organik, baik itu hortikultura, perkebunan, pupuk, hingga pestisida. ┬á “Perkembangan organik di Indonesia sangat tinggi terlebih ada instruksi Presiden Joko Widodo agar petani tidak ketergantungan terhadap pupuk sintetis dan pestisida sintetis,” katanya.
(rom)

 

 

Komentar