Pj Bupati Maybrat Hadiri Seminar Pendahuluan Penelitian Kolaborasi Kerjasama Provinsi PBD dengan BRIN

Sorong, KOMENTAR- Pj Bupati Maybrat Dr Bernhard E Rondonuwu SSos MSi menghadiri seminar laporan pendahuluan penelitian kolaborasi kerja sama Provinsi Papua Barat Daya (PBD) dengan Badan Riset Nasional (BRIN) untuk membangun ekosistem penelitian menuju Papua Barat Daya cerdas, Senin (18/09)

Seminar ini bertujuan untuk membahas laporan kolaborasi penelitian pendahuluan antara Provinsi Papua Barat Daya dan BRIN dalam rangka membangun ekosistem penelitian yang cerdas di wilayah tersebut. Seminar ini akan menjadi platform untuk berbagi informasi, ide, dan pengalaman terkait upaya pengembangan riset di Papua Barat Daya.

Kolaborasi antara Provinsi PBD dan BRIN menunjukkan komitmen untuk meningkatkan kapasitas penelitian di wilayah tersebut. BRIN, sebagai lembaga penelitian nasional, dapat memberikan dukungan teknis dan sumber daya untuk pengembangan penelitian di Papua Barat Daya.

Membangun ekosistem riset yang cerdas di Papua Barat Daya akan melibatkan berbagai pihak, seperti institusi pendidikan, pemerintah daerah, industri, dan masyarakat. Seminar ini akan menjadi forum untuk membahas strategi dan langkah-langkah konkret dalam membangun ekosistem penelitian yang inklusif dan berkelanjutan di wilayah tersebut.

Seminar ini akan membahas laporan kolaborasi penelitian pendahuluan antara propinsi Papua Barat Daya dan BRIN. Laporan tersebut mungkin mencakup pengamatan situasi penelitian di wilayah tersebut, identifikasi kebutuhan penelitian yang mendesak, dan rekomendasi untuk langkah-langkah selanjutnya dalam penelitian pengembangan di Papua Barat Daya.

Kolaborasi ini juga diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam pengembangan penelitian di Papua Barat Daya. Dengan membangun ekosistem penelitian yang cerdas, wilayah tersebut dapat menghasilkan pengetahuan dan inovasi yang relevan dengan kebutuhan lokal, serta meningkatkan daya saing dan kesejahteraan masyarakat.

Kesempatan itu, Pj Bupati Maybrat mengatakan merupakan suatu kehormatan bagi dirinya untuk berada pada seminar mengenai laporan awal penelitian kolaboratif antara Provinsi Papua Barat Daya dan Badan Riset Nasional.

Seminar ini menandai tonggak penting dalam upaya membangun Kabupaten Maybrat Provinsi Papua Barat Daya yang cerdas melalui pengembangan ekosistem penelitian.

“Saya ingin menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Badan Riset Nasional atas kolaborasi dan dukungannya yang berharga dalam upaya ini,” kata Pj Bupati.

Lanjutnya, kemitraan antara Provinsi Papua Barat Daya Kabupaten Maybrat dan BRIN menandakan komitmen bersama dalam memanfaatkan kekuatan penelitian dan inovasi untuk mengatasi tantangan dan membuka potensi daerah Maybrat.

“Saat kita berkumpul di sini hari ini, saya teringat akan potensi besar yang ada di Kabupaten Maybrat dengan sumber daya alam yang melimpah, beragam budaya, dan kekayaan warisan. Namun, kita juga menghadapi tantangan unik yang memerlukan solusi inovatif,” kata Bernhard Rondonuwu.

Dikatakannya, melalui penelitian dan kolaborasi, kita dapat menemukan jawaban atas tantangan-tantangan ini dan membuka jalan menuju masa depan yang lebih cerah terutama potensi yang ada di kabupaten Maybrat.

“Seminar hari ini merupakan bukti kerja keras, dedikasi, dan keahlian para peneliti. Saya yakin bahwa temuan dan rekomendasi yang dituangkan dalam laporan ini akan menjadi landasan yang kuat untuk inisiatif penelitian dan pengembangan lebih lanjut di kabupaten kami,” jelasnya.

“Saya berharap wawasan yang diperoleh dari penelitian kolaboratif ini akan memandu kebijakan, program, dan proyek kita menuju pertumbuhan yang berkelanjutan dan inklusif,” sambungnya.

Selain itu, seminar ini memberi kita kesempatan untuk mendorong pertukaran pengetahuan dan kolaborasi di antara para peneliti, akademisi, dan pembuat kebijakan. Dengan bekerja sama, kita dapat menciptakan ekosistem penelitian yang dinamis yang memupuk kreativitas, inovasi, dan keunggulan. “Mari kita manfaatkan kesempatan ini untuk membangun jaringan, bertukar pikiran, dan menjajaki potensi kolaborasi yang akan membentuk masa depan Papua Barat Daya,” imbuhnya.

Pj Bupati juga memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada seluruh peneliti, peserta, dan penyelenggara yang telah berkontribusi dalam menyukseskan seminar ini. “Dedikasi dan komitmen anda untuk memajukan penelitian di Provinsi Papua Barat Daya terutama di Kabupaten Maybrat patut diapresiasi,” kata dia memberikan apresiasi

“Saya yakin bahwa melalui upaya bersama, kita dapat membangun Papua Barat Daya yang cerdas dan tumbuh subur dalam pengetahuan, inovasi, dan kemajuan,” pungkasnya.(ist/*)

Komentar