Sulut Siap Gelar Bintang Radio Indonesia 2023, Wagub Steven Kandouw Berharap Dapat Dirasakan Anak-anak Bangsa dari Sabang sampai Merauke

Sulut, KOMENTAR- Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), khususnya Kota Manado, menjadi tempat pelaksanaan pemilihan Bintang Radio Indonesia tahun 2023, dengan tema, “Seni Merangkai Keberagaman”

Hal itu terungkap pada conferensi pers, yang dihadiri langsung Wakil Gubernur (Wagub) Sulut Steven OE Kandouw, Direktur Layanan dan Pengembangan Usaha RRI Yohanes Markus Tuhuleruw, Sekdaprov Sulut Steve Kepel, Kepala RRI Manado Nawir, di Lantai 6 Kantor Gubernur Sulut, Jumat (03/11).

Kesempatan itu, Wagub Steven Kandouw mengatakan, bahwa atas nama Gubernur Olly Dondokambey dan masyarakat Sulawesi Utara merasa bangga, karena karena dipilih menjadi tempat pelaksanaan Bintang Radio Indonesia tahun 2023 yang digelar pada tanggal 27 November sampai 02 Desember  2023.

“Gayung bersambut bersama road map kita dengan skala prioritas Pak Gubernur Olly Dondokambey, antara lain kita terus dalam membangun bangsa dan negara ini. Di mana, antara lain melalui budaya dan dengan tema yang luar biasa sangat cocok dengan kita di sini yaitu dengan Seni Merangkai Keberagaman,” kata Wagub Kandouw penuh bangga.

Karena itu, Wagub Kandouw berharap kegiatan ini dapat disebarluaskan pada masyarakat, agar output dan outcome-nya dapat dirasakan oleh seluruh anak-anak bangsa dari Sabang sampai Merauke.

“Ditengah-tengah ancaman budaya universal yang rasa-rasanya sudah tidak berbatas diharapkan melalui iven Bintang Radio ini, tentu saja akan berpengaruh reproksivitas terhadap pembentukan batu bata peradaban dan sendi-sendi kehidupan bangsa dan negara,” ungkap Wagub Kandouw.

Sekali lagi, Wagub Steven Kandouw, mengatakan atas nama Gubernur Olly Dondokambey tentu sangat mendukung pelaksanaan iven ini, dan segala konsekuensinya yang sudah diatur dengan baik serta berharap suksesnya kegiatan ini tidak hanya sukses penyelenggara, tapi secara substansial juga sukses untuk tetap menjaga pluralisme dan keberagaman di Republik yang kita cintai ini.

Sebelumnya, Direktur Layanan dan Pengembangan Usaha RRI Yohanes Markus Tuhuleruw menyampaikan pelaksanaan Bintang Radio di Sulut ini merupakan pelaksanaan untuk kali yang ke 2 dimana pada tahun 2011 Bumi Nyiur Melambai Sulawesi Utara juga pernah menjadi tuan rumah tempat pelaksanaan dimana kegiatan ini merupakan ajang pencairan bakat tertua di Republik ini sejak 1951 yang berhasil membesarkan nama-nama seperti Titik Puspa, Harvey Maleyholo, Hety Koeendang dan lainnya.

“Target kita adalah 5 ribu sampai dengan 10 ribu peserta dan diharapkan dapat mengikuti kegiatan ini. Dari awal dimana setiap peserta akan mengikuti dan meng-uppload semua karyanya melalui platform digital. Kemudian akan dikurasi oleh setiap satker yang ada di kabupaten/kota untuk mencari 3 besar yang kemudian di uppload lagi dan akan dieliminasi oleh dewan juri Nasional akan dipilih yang terbaik 1 laki-laki dan 1 prempuan. Mereka inilah yang akan mewakili setiap daerah untuk bertarung di tingkat nasional yang diadakan di Kota Manado,” terang Yohanes.

Ditambahkan, jumlah peserta dan Official pelaksanaan Bintang Radio Indonesia tahun 2023 yang akan mengikuti kegiatan ini sebanyak 400-an peserta dimulai tanggal 27 November sampai 2 Desember 2023. Adapun gambaran pelaksanaan babak pengisian kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Mapalus Kantor Gubernur Sulut dan untuk Grand Final, di Pohon Kasih Mega Mas Boulevard Manado.

Turut hadir dalam jumpa conferensi pers, Asisten 1 Setdaprov Denny Mangala, Asisten 3 Setdaprov Franciscus Manumpil, Kadis Kominfo Evans Steven Liow, Kadis Kebudayaan Daerah Sulut Jani Lukas dan pejabat lainnya.(ist/*)

 

Komentar