HKN ke-59, Dandel : Pentingnya Kesehatan Mulai Dari Diri Kita Sendiri

Manado, KOMENTAR – Pemerintah Kota melalui Dinas Kesehatan Kota Manado ikut serta dalam pembukaan kegiatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang digelar di Dermaga Bunaken Kepulauan, Selasa (14/11).

Kegiatan ini di buka langsung oleh Wakil Walikota Manado dr Ricard Sualang, Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke -59 Tahun 2023.Transformasi Kesehatan Untuk Indonesia Maju sedangkan tema untuk Kota Manado adalah Transformasi Kesehatan Untuk Manado Maju dan sejahtera.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Manado dr Steaven Dandel, MPH dalam sambutannya mengatakan, “Selain kegiatan HKN ke-59 ada juga kegiatan Jambore  Kader Kesehatan se Kota Manado dan Launching Integrasi Layanan Primer  yang akan dilaksanakan di Kota Manado, “ucap Dandel.

“Ketiga acara ini sangat berkaitan satu sama lain karena di tema peringatan HKN ke-59  tahun ini adalah Transformasi Kesehatan Menuju Indonesia Maju. Kementerian Kesehatan telah enam prioritas transformasi kesehatan yaitu transformasi kesehatan layanan primer, transformasi layanan rujukan, transformasi pelayanan kesehatan, transformasi pembiayaan kesehatan, transformasi SDM kesehatan dan transformasi teknologi kesehatan,” jelas Dandel.

Harapannya, kedepan transformasi layanan kesehatan primer ini akan ditulang punggungi oleh ibu-ibu kader kesehatan karena sesuai dengan program kementerian kesehatan kader-kader kesehatan yang ada di Kota Manado akan diberikan 25 ketrampilan dasar untuk  sistem pelayanan kesehatan yang ada di Kota Manado

“Kader-kader akan menjadi subjek untuk bisa menjangkau masyarakat yang ada di kelurahan sampai diberbagai lapisan. Oleh Karenanya kegiatan HKN ke-59 dirangkaikan dengan jambore kader kesehatan nasional, karena kader ini nantinya akan diberikan penguatan untuk membantu transforamsi layanan kesehatan primer. Untuk kegiatan yang ketiga adalah launching  Integrasi Layanan Primer yang memang di endors kementrian kesehatan untuk dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia di tandai dengan pelepasan balon,” tandasnya.

Turut hadir dalam kesempatan ini, Wakil Walikota Manado dr Ricard Sualang, Ketua TP PKK Kota Manado Ny. Irene Golda Angouw-Pinontoan. Asisten I Juleses Ohlers, SH, Kadis Kesehatan dr Steaven Dandel, MPH, Camat Bunaken Kepulauan Imanuel Mandak, SE, Lurah se – Kecamatan Bunaken Kepulauan, staf khusus walikota Manado Ibu Caroles, Kepala Puskesmas se – Kota Manado, Kapolsek, Danramil, Ketua TP PKK Kecamatan Bunaken Kepulauan serta stakeholder lainnya.(luc)

Komentar