Bawaslu Mitra Perkuat Kapasitas Aparat Pengawas Pemilu

Ratahan, KOMENTAR

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) terus memperkuat kapasitas apparat pengawas Pemilu hingga ke tingkat bawah. Hal ini dimaksudkan supaya penyelenggaraan Pemilu 2024 ini dapat terlaksana sesuai dengan aturan dan koridor hukum yang ada.

Penguatan kapasitas terhadap apparat pengawas Pemilu ini dilaksanakan Bawaslu antara lain melalui kegiatan sosialisasi Penyelenggaraan Pengelolaan Data Penanganan Pelanggaran Kampanye Rapat Umum, Pertemuan Terbatas, dan Tatap Muka pada Pemilu 2024 di Kabupaten Mitra.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Senin (05/02) tersebut menghadirkan pembicara sejumlah narasumber berkompeten, yakni Johny Suak SE MSi, dan Mustarin Humagi SHi, dengan peserta dari unsur Panwaslu Kecamatan se Kabupaten Mitra, LSM, dan insan pers.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Mitra yang juga pimpinan Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Dolly Van Gobel mengungkapkan, sampai saat ini sudah masuk ribuan LHP baik oleh panwascam serta laporan dari peserta pemilu, antara lain soal ketidak-netralan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Aparatur Desa, juga laporan yang sementara berproses berkaitan dengan Money Politics.

Gobel berharap agar Panwascam, PKD, insan pers maupun masyarakat agar lebih berani lagi mengungkapkan kasus pemilu terlebih dalam masa kampanye. “Kami siap menerima laporan, aduan pelanggaran pemilu baik pelanggaran administratif Pemilu serta pelanggaran Pemilu berdasarkan tingkatan sesuai peraturan perundang-undangan yang ada,” ungkapnya.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu lainnya, Mario Lontaan, mengutarakan, lewat sosialisasi ini pihaknya berharap apparat pengawas semakin memiliki kemampuan terkait dengan pelanggaran-pelanggaran Pemilu sehingga dapat melakukan penanganan yang tepat sesuai aturan.

“Muaranya adalah kita ingin supaya Pemilu berjalan sesuai aturan, sesuai dengan koridor hukum yang ada, meminimalisir setiap pelanggaran, dan dapat memberi rasa keadilan kepada semua peserta Pemilu,” pungkasnya.(ftj)

Komentar