Ternyata Masih Turunan Raja, James Sumendap Diarak Keliling Kampung Awit

SAMBUTAN luar biasa didapatkan Calon Anggota DPR RI daerah pemilihan Sulawesi Utara dari PDI Perjuangan nomor urut 3, James Sumendap SH MH, ketika berkunjung di Desa Awit Kecamatan Beo Utara Kabupaten Kepulauan Talaud, Kamis (08/02).

Anggota DPRD Sulut dua periode dan Kepala Daerah dua periode ini disambut secara adat oleh tua-tua kampung, dan dijemput jubelan warga yang memang sudah lama menunggu karena kerinduan untuk bertemu dengannya. Tidak itu saja, Sumendap bahkan diarak mengelilingi desa tersebut sebelum sampai di lokasi tatap muka.

Di lokasi tatap muka, warga terlihat begitu antusias dan bersemangat dalam sukacita lewat kebersamaan dengan Sumendap. Sambutan luar biasa ini diberikan karena ternyata Sumendap oleh warga adalah seorang turunan raja, dengan leluhur yakni Raja Andalangi.

Hal tersebut diungkap Herkanus Tumbal, salah seorang tokoh adat dan tokoh masyarakat setempat yang juga merupakan tokoh pemekaran Kabupaten Talaud. “Setelah saya mencari informasi dari tua-tua, ternyata Sumendap ini adalah keturunan Raja Andalangi, di mana Sumendap itu artinya adalah cahaya yang menembus kegelapan,” katanya.

Herkanus kemudian memuji Sumendap sebagai seorang petarung yang telah membuktikan kapasitas dan kemampuannya ketika menjadi anggota DPRD Sulut dua periode yang kemudian menjadi Kepala Daerah di Kabupaten Minahasa Tenggara di mana pada masa itu mampu menunjukkan kemampuannya yang luar biasa karena bisa mengalahkan incumbent yang memiliki kekuatan termasuk kekuatan finansial yang sangat kuat.

“Untuk periode kedua sebagai kepala daerah, sudah tidak ada lagi lawan karena beliau terlalu kuat, sehingga hanya ada kotak kosong. Tetapi yang penting digarisbawahi adalah bahwa saat memimpin, beliau tidak sewenang-wenang menjalankan kekuasaannya, tetapi betul-betul diarahkan untuk kepentingan rakyat. Beliau juga dikenal sebagai kepala daerah yang mau tampil apa adanya dan sangat dekat dengan rakyat,” terangnya.

Oleh karena itu, kata Herkanus, figur seperti Sumendap lah orang yang paling tepat untuk dipilih menjadi wakil rakyat di DPR RI. “Dan kita semua harus bersatu untuk membawa pak James Sumendap agar dapat meraoh satu kursi di DPR RI karena dipastikan bahwa beliau akan menyuarakan dan memperjuangkan aspirasi kita,” pungkasnya.

Sumendap sendiri dalam kesempatan ini menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasihnya. “Saya sungguh merasa sangat terhormat disambut secara luar biasa pada kesempatan ini. Tidak ada yang bisa saya kembalikan, selain tekad dan komitmen untuk memperjuangkan apa yang menjadi aspirasi dan kerinduan dari saudara-saudara di sini ketika saya diberi kesempatan dan kepercayaan menjadi anggota DPR RI,” ujarnya.

“Komitmen ini akan terus saya pegang karena perjuangan saya nanti di DPR RI adalah untuk keseluruhan wilayah Sulawesi Utara. Dan saya memastikan bahwa saya bukan orang yang memiliki tipikal pang ba lupa perjuangan teman-teman sekalian,” sebutnya.(ftj)

Komentar